Digital Agency atau Advertising Agency ?

Digital Agency atau Advertising Agency ?

Hai guys, jika mendengar kata iklan, mungkin yang kalian pikirkan adalah iklan di tv - tv ataupun iklan yang ada pada sebuah website, dan masih banyak lagi. Apa kalian tahu itu semua dibuat oleh siapa ? Iklan - iklan seperti itu dibuat oleh sebuah agensi, yaitu digital agency. Digital agency menyebut metodenya "digital advertising". Sebelumnya saya ingin memberi tahu bahwa sekarang adalah jaman digital, dimana pastinya rata - rata menggunakan digital, contohnya iklan.

Dengan munculnya kosakata baru “digital advertising” serta merta membawa perubahan pada perusahaan-perusahaan yang bermain dalam bidang periklanan. Jika awalnya kita mengenal advertising agency, yaitu kelompok atau perusahaan yang menawarkan jasa untuk membantu perusahaan lain dalam hal periklanan dengan membuat, merencanakan dan menangani konsep iklan produk dari perusahaan tersebut. Kini sudah mulai bermunculan “digital agency” sebagai evolusi dari advertising agency.

Digital agency adalah kelompok atau perusahaan yang menawarkan jasa untuk beriklan dengan memanfaatkan media internet seperti social media lainnya yaitu facebook, twitter, google (SEO dan Adwords). Jika advertising agency membuat banner di jalan-jalan dan iklan tv, dan digital agency mentransformasi banner dan iklan tersebut agar bisa dilihat orang melalui website atau secara online dimana hal ini dapat meningkatkan penjualan dan juga meningkatkan brand awerness web kalian di dunia internet.

Jelas terlihat bahwa ada perbedaan nyata antara advertising agency dengan Digital Agency di Jakarta bahkan di Indonesia. Advertising agency menggunakan cara-cara tradisional sedangkan digital agency memanfaatkan IT yang telah berkembang pesat.

Hal lainnya yang menjadi perbedaan dasar adalah sikap dari audience dalam digital yang lebih terbuka untuk saling berbagi dan berkomunikasi. Sedangkan dalam cara tradisional lebih tertutup dalam menghasilkan sebuah ide dan berkomunikasi dengan audience nya.

Hal lainnya adalah budget yang digunakan oleh kedua agency ini. Advertising agency relatif menggunakan budget yang besar untuk mengiklankan klien dan di sisi lainnya digital advertising memiliki keunggulan dengan budget yang relative lebih kecil.

Inilah perbedaan yang cukup menonjol antara advertising agency dan digital agency. Jadi mulailah tentukan dari sekarang, karena jika bisnis online kalian tidak berjalan itu sama saja kalian bunuh diri terhadap masa depan kalian. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada saat ini.
2 Komentar untuk "Digital Agency atau Advertising Agency ?"
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

hi bro, saat ini digital marketing udah menjadi pilihan utama karena dari harga lebih murah dan target lebih terjangaku. digital agency jakarta sudah banyak seperti digital squad , next digital, dan lain-lain meraup keuntungan besar.

Back To Top