Haii, kali ini saya ingin memberikan serpihan pengetahuan tentang digital marketing saya, yang telah saya dapatkan dari internet, tepatnya di google :D. Jadi.. hal yang perlu kalian perhatikan dalam digital marketing yaitu dalam strateginya. Mengapa? Karena tentu strategi yang ampuh dapat mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Nah, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana langkah yang tepat saat kalian melaksanakan strategi kalian. Yuk langsung saja disimak bro 'n sis.
Yang pertama ada Context.
Dalam langkah yang pertama ini, kita akan menentukan konteks yang akan dibuat. Mulai dari menentukan permasalahan sampai stakeholder yang akan terlibat pada strategi digital marketing nantinya.
Dan selanjutnya ada Value Exchange.
Maksud dari menentukan value exchange disini yaitu value atau nilai apa yang nantinya akan kita berikan kepada customer kita dalam memasarkan produk. Tujuan value yang baik ialah untuk menciptakan loyalitas customer, sehingga customer akan menjadi bagian yang tak lepas dari kesuksesan digital marketing.
Yang ketiga ialah Objectives.
Objektif dapat dibilang sebagai target atau tujuan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Untuk objektif sendiri dapat diukur dengan memanfaatkan Key Performance Indicator (KPI) dengan menambahkan beberapa poin penting untuk pencapaian objektif. Objektif yang baik itu mencakup : Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-bound. Selain itu objektif juga tidak lepas dari target yang ingin dicapai sehingga dalam merancang KPI perlu perancangan objektif dan target yang jelas seperti yang disarankan pada langkah sebelumnya.
Selanjutnya, Tactics and Evaluation
Banyak teknik dan alat digital yang tersedia untuk mewujudkan target dalam pemasaran digital. Setiap taktik memiliki kekuatan. Misalnya, akuisisi (mendapatkan pelanggan baru) mungkin terbaik didorong oleh iklan pencarian,
Sementara email adalah salah satu alat yang paling efektif untuk menjual lebih banyak produk untuk pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu setelah menentukan objektif maka penyesuaian terhadap taktik didasari oleh objektif dan value yang ingin dicapai. Ada banyak contoh taktik yang bisa digunakan seperti SEM, SEO, Email Marketing, Social media Marketing seperti Facebook Ads, Instagram Ads lalu juga ada Social Media Optimization dengan teknik tersendiri.
Langkah kelima, Ongoing optimization
Hal yang paling menarik dari digital marketing adalah sifatnya yang dinamis, fleksibel, dan lincah. Artinya seorang digital marketer harus dituntut untuk up to date seiring dengan perkembangan zaman. Beberapa teknik di pemasaran digital biasanya akan melakukan pembaharuan dengan cepat baik itu setahun sekali, atau sebulan sekali bahkan ada yang seminggu sekali dengan value yang ditawarkan berbeda-beda. Sehingga teknik yang dipelajari akan terus berubah dan terkadang akan berubah drastis dengan sangat cepat.
Untuk langkah terakhir ada Evaluation
Langkah yang menjadi pertimbangan adalah adanya evaluasi pada langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan begitu akan mendatangkan beberapa mindset baru terkait strategi yang akan diterapkan kedepannya.
Yoshh, selesai langkah-langkah yang harus diperhatikan. Sekarang tinggal kalian praktikkan deh :D. Kalau kalian masih ada beberapa hal yang dibingungin, tanya saja kepada Digital Agency.
Yang pertama ada Context.
Dalam langkah yang pertama ini, kita akan menentukan konteks yang akan dibuat. Mulai dari menentukan permasalahan sampai stakeholder yang akan terlibat pada strategi digital marketing nantinya.
Dan selanjutnya ada Value Exchange.
Maksud dari menentukan value exchange disini yaitu value atau nilai apa yang nantinya akan kita berikan kepada customer kita dalam memasarkan produk. Tujuan value yang baik ialah untuk menciptakan loyalitas customer, sehingga customer akan menjadi bagian yang tak lepas dari kesuksesan digital marketing.
Yang ketiga ialah Objectives.
Objektif dapat dibilang sebagai target atau tujuan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Untuk objektif sendiri dapat diukur dengan memanfaatkan Key Performance Indicator (KPI) dengan menambahkan beberapa poin penting untuk pencapaian objektif. Objektif yang baik itu mencakup : Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-bound. Selain itu objektif juga tidak lepas dari target yang ingin dicapai sehingga dalam merancang KPI perlu perancangan objektif dan target yang jelas seperti yang disarankan pada langkah sebelumnya.
Selanjutnya, Tactics and Evaluation
Banyak teknik dan alat digital yang tersedia untuk mewujudkan target dalam pemasaran digital. Setiap taktik memiliki kekuatan. Misalnya, akuisisi (mendapatkan pelanggan baru) mungkin terbaik didorong oleh iklan pencarian,
Sementara email adalah salah satu alat yang paling efektif untuk menjual lebih banyak produk untuk pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu setelah menentukan objektif maka penyesuaian terhadap taktik didasari oleh objektif dan value yang ingin dicapai. Ada banyak contoh taktik yang bisa digunakan seperti SEM, SEO, Email Marketing, Social media Marketing seperti Facebook Ads, Instagram Ads lalu juga ada Social Media Optimization dengan teknik tersendiri.
Langkah kelima, Ongoing optimization
Hal yang paling menarik dari digital marketing adalah sifatnya yang dinamis, fleksibel, dan lincah. Artinya seorang digital marketer harus dituntut untuk up to date seiring dengan perkembangan zaman. Beberapa teknik di pemasaran digital biasanya akan melakukan pembaharuan dengan cepat baik itu setahun sekali, atau sebulan sekali bahkan ada yang seminggu sekali dengan value yang ditawarkan berbeda-beda. Sehingga teknik yang dipelajari akan terus berubah dan terkadang akan berubah drastis dengan sangat cepat.
Untuk langkah terakhir ada Evaluation
Langkah yang menjadi pertimbangan adalah adanya evaluasi pada langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan begitu akan mendatangkan beberapa mindset baru terkait strategi yang akan diterapkan kedepannya.
Yoshh, selesai langkah-langkah yang harus diperhatikan. Sekarang tinggal kalian praktikkan deh :D. Kalau kalian masih ada beberapa hal yang dibingungin, tanya saja kepada Digital Agency.
1 Komentar untuk "Ingin Sukses Dalam Digital Marketing? Perhatikan Langkah Berikut"
Mantab penjelasannya tentang sukses dalam digital marketing sangat berurut.