Apa si Internet Server Provider Itu ?

Internet provider jakarta - Kali ini saya balik lagi nih guys saya mau bahas mengenai internet server provider(ISP). Entah kenapa saya mau sekali bahas ini, ya mungkin karna saya juga baru mengenal apa itu ISP. Awalnya juga saya ga ngerti klo diajak ngobrol tentang sistem-sistem yang ada di internet itu. Setelah saya searcing saya cari tau tu mengenai semua yang teman saya ceritakan akhirnya saya mengerti, ya meskipun blum begitu paham ya..hahaa ya udah yu ikutin artikel saya dibawah ini ya guys.


1. Pengertian Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider (ISP) adalah sebuah perusahaan penyedia layanan pada jasa sambungan internet dengan jasa lainnya yang saling berhubungan. ISP ini memiliki infrastruktur sebagai sarana telekomunikasi yang terkoneksi pada internet. ISP akan membagi kapasitas koneksi pada internet yang dimilikinya untuk para pelanggannya yang membutuhkan jasa internet. Biasanya sistem langganan telah ditetapkan dahulu ketentuannya. Sistem langganan ini pembayarnnya tiap bulan. Ada juga provider telekomunikasi lainnya yang menerapkan sistem langganan dengan mrnggunakan sistem yang berbasis quota.

Keberadaan sebuah internet service provider saat ini sudah sangat dibutuhkan, kehandalan sistem ini nantinya akan berpengaruh pada kecepatan koneksi yang dimiliki. Sebelum memilih berlangganan dengan ISP tertentu, beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

a. Kecepatan transfer
b. Jenis modem
c. Perbandingan sambungan internet
d. Fitur tambahan

2. Peran atau Fungsi ISP  (Internet Service Provider) dalam pengaksesan jaringan internet adalah :
  • Menghubungkan pengguna/kunsumen ke gateway internet yang terdekat.
  • Sebagai sebuah media yang memberikan pelayanan jasa untuk terhubung ke internet.
  • Sebagai yang Menyediakan modem untuk dial-up.
  • Sebagai yang menghubungkan user kepada layanan informasi WWW (World Wide Web).
  • Memungkinkan user untuk memakai layanan surat elektronik, yang sering disebut dengan E-mail.
  • Memungkinkan para user untuk melakukan percakapan suara melalui jaringan internet.
  • Memberikan tempat untuk homepage.
  • Internet Service Provider (ISP) melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk penggunanya.
  • Fungsi ISP (Internet Service Provider) sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan untuk berhubungan dengan jaringan internet. Untuk mengaksesnya, kita cukup menghubungi saja Internet Service Provider/ISP melalui komputer dan modem. Setelah itu ISP akan mengurus semua yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
  • Dan Lain-lain.
Nah guys itu dulu aja ya yang bisa saya jelasin kali ini mungkin lain waktu saya bisa melanjutkan pembicaraan saya mengenai hal ini.. kalo sempet ya gusy haha biasa orang sibukk.. so sibuk deh tepatnya :):) . ya udah semoga bermanfaat ya guys.
0 Komentar untuk "Apa si Internet Server Provider Itu ?"

Back To Top