Mengapa Ada Office 365 pada Produk Apple "iPad Pro" ?

Jika Anda telah membeli sebuah iPad Pro, mungkin Anda telah memperhatikan sesuatu yang sedikit aneh selama Anda mencobanya. Setelah pelanggan membeli iPad Pro, situs Web Apple mencoba untuk meningkatkan penjualan mereka dengan berbagai aksesoris. Beberapa aksesoris yang sudah diprediksi. Misalnya, ada Apple Pencil dan Smart Keyboard. Yang lebih mengejutkannya lagi, bahwa halaman penawaran Apple ada pilihan untuk berlangganan Office 365.

Mengapa Ada Office 365 pada Produk Apple "iPad Pro" ?
Ketika pertama kali saya melihat ini, reaksi pertama saya yaitu bertanya-tanya apakah saya baru saja entah bagaimana teleport ke dunia paralel di mana hal-hal aneh terjadi. Pada kenyataannya, bagaimanapun, Apple menawarkan untuk berlangganan Office 365 dalam upaya untuk meyakinkan pelanggan bahwa iPad Pro adalah komputer bisnis yang nyata. Saya jelas tidak bisa berbicara untuk orang lain, tapi bagi saya iPad selalu tampak lebih seperti sebuah perangkat hiburan dari perangkat kerja. Itu bukan untuk mengatakan bahwa iPad tidak mampu digunakan dengan cara yang produktif. Hanya saja sebagian besar orang yang saya kenal menggunakan iPad hanya untuk game, film, dll. Saya menggunakan Mini iPad sebagai layar video untuk drone saya, tapi menggunakan Surface Pro untuk komputasi mobile.

Belakangan ini, motivasi Apple menawarkan Office 365 untuk pelanggan tampaknya terlihat jelas. Orang-orang dalam kebiasaan menggunakan Microsoft Office untuk produktivitas, dan Apple tidak ingin melihat pelanggan menggunakan platform yang berbeda hanya karena mereka tidak bisa mendapatkan Office 365 pada sistem operasi iOS. Tapi bagaimana Microsoft? Apa yang mereka pikirkan?

Baca juga Harga Office 365

Saya tidak tahu pasti mengenai rincian rahasia keputusan bisnis yang bisa dibuat di Redmond, tapi saya bisa berspekulasi penalaran Microsoft. Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft telah bersikap lebih bersahabat terhadap platform saingannya. Ungkapan, "kita mencintai Linux" datang ke pikiran. Microsoft tidak diragukan lagi menyadari bahwa akan selalu ada sejumlah orang yang memilih perangkat iOS daripada perangkat Windows, dan mungkin mengasumsikan bahwa lebih baik untuk membuat sedikit uang dari pelanggan Apple daripada untuk membuat apa-apa. Selain itu, hal tersebut akan membantu memperkuat Office 365 dan memastikan umur panjang.

Baiklah, itu bagus secara keseluruhan, tapi bukankah Microsoft menciptakan kompetisi sendiri? iPad Pro tampaknya seolah-olah secara khusus dirancang untuk bersaing dengan Surface Pro. Kesamaan antara dua perangkat yang luar biasa, sampai ke pena dan bahkan nama perangkat (sama-sama menggunakan kata Pro). Mampu menjalankan Office 365 adalah salah satu keuntungan utama Surface Pro. Jadi apa yang diberikannya?

Mengapa Ada Office 365 pada Produk Apple "iPad Pro" ?
Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak memiliki informasi langsung tentang pendekatan Microsoft untuk membuat keputusan bisnis. Namun, beberapa komentar yang dibuat pada konferensi Microsoft Ignite tahun lalu mungkin menghasilkan beberapa petunjuk. Dalam salah satu konferensi (sayangnya, saya tidak begitu ingat), seseorang membuat komentar yang kembali pada 1980-an ada kebanggaan dikaitkan dengan kepemilikan perangkat. IBM PC misalnya, itu mahal dan memiliki salah satu sesuatu dari simbol status. Demikian pula ada gagasan di antara banyak gamer dari waktu yang menunjukkan kau bukanlah seorang gamer sejati kecuali kau memiliki sebuah Commodore Amiga. Pada saat itu, saya sangat setia pada Radio Shack Color Computer, jadi saya kira saya adalah bagian dari kerumunan itu. Titik yang dibuat di Ignite adalah bahwa hal-hal yang berbeda hari ini. Tentu, ada fanboys Apple dan fanboys Microsoft, tetapi perangkat sebagian besar telah menjadi utilitarian. Hampir semua perangkat mobile yang dibeli hari ini pada dasarnya melakukan hal yang sama. Akan selalu ada perbedaan spesifik platform dalam perangkat, tapi setiap vendor memiliki dasar-dasar yang sama.

Mengingat pola pikir Microsoft, dalam upaya pemasaran Microsoft yang bukan main untuk perangkat keras lain seperti Band 2, mungkin hardware menjadi kurang penting untuk Microsoft. Singkatnya Microsoft menamai dirinya sendiri sebagai perusahaan perangkat dan layanan, tetapi tampaknya ide tersebut menjatuhkannya dari sisi lain. Dan beberapa hari terakhir, Microsoft tampaknya memfokuskan pada perangkat lunak.
0 Komentar untuk "Mengapa Ada Office 365 pada Produk Apple "iPad Pro" ?"

Back To Top